Apa itu seo

apa itu seo

MENGENAL APA ITU SEO, SEJARAH HINGGA MANFAATNYA

Apa itu SEO ? tentunya anda mungkin pernah atau bahkan sering mendengar istilah tersebut bukan?. Search engine optimization atau SEO ini sudah bukan sesuatu yang terdengar ‘aneh’ di telinga kita. Seperti yang dilansir oleh WIKIPEDIA, sejak 26 Juli 1997 istilah SEO ini pertama kali dipergunakan dalam sebuah postingan di Usenet. Jadi apa itu SEO? SEO atau optimasi mesin pencari adalah sebuah metode atau proses untuk meningkatkan volume kunjungan ke sebuah situs web melalui kata kunci yang dicari lewat mesin pencari tersebut. Tentunya dengan memanfaatkan algoritma dari mesin pencari, dan tetap mengikuti aturan yang ditanamkan oleh mesin pencari tersebut.

SEJARAH SEO

Pada tahun 1997 tepatnya pada tanggal 26 Juli istilah SEO terlahir, dan itu melalui sebuah SPAM yang diposting di USENET; sebuah forum diskusi internet yang menjadi salah satu pelopor forum diskusi teknologi. Saat itu ada sebuah mesin pencari bernama ARCHIE yang muncul pada tahun 1990 yang diklaim sebagai mesin pencari pertama, tidak lama setelah lahir ARCHIE lalu muncullah berbagai mesin pencari seperti Aliweb, Lycos, Altavista, Yahoo, hingga google yang lahir di penghujung tahun 1997 dan masih banyak mesin pencari yang lahir di era itu. Namun hanya beberapa saja yang menerapkan algoritma unik dalam mekanisme kerjanya, dalam hal ini yaitu algoritma pencarian melalui kata kunci.

Pada saat itu SEO digunakan oleh para Spam Programmer yang bertujuan untuk mencari database dari sejumlah FTP dan layanan www. Dengan metode setiap orang yang meng-klik sebuah link yang mereka bagikan maka mereka akan mendapatkan data alamat situs web hingga data user sebuah milis. Dan metode SEO pertama kali digunakan pada mesin pencari Altavista dan Yahoo.

SEJARAH METODE SEO MELALUI KATA KUNCI

Metode seo melalui penanaman kata kunci pada sebuah situs web agar dapat di Crawling, Indexing hingga di ranking oleh mesin pencari pertama kali digunakan pada Altavista dan Yahoo. Namun saat itu Algortima mesin pencari belum sempurna dan hanya membaca kata kunci melalui meta tag yang tertanam pada kode html web tersebut. Sehingga konten website yang dicari terkadang tidak sesuai dengan kata kunci yang digunakan.

Hingga pada tahun 1997 Larry Page dan Sergey Brin merancang sebuah mesin pencari sederhana bernama backgrub yang akhirnya pada tahun 1998 menjadi Google. Sebuah mesin pencari yang lebih ‘Pintar’ dan dapat memeringkatkan halaman web. Walaupun saat itu algoritma dasarnya masih tetap membaca meta tag yang tertanam namun selangkah lebih maju karena Google dapat membedakan mana situs web yang memiliki relevansi antara kata kunci dan konten dengan situs web yang hanya ‘spamming’ kata kunci.

Google menjadi terobosan mesin pencari yang benar-benar menerapkan algoritma yang cukup ketat di masa itu. Mencegah tindakan ilegal dan manipulatif dari para webmaster yang ingin membuat situs webnya terindeks di urutan teratas pada ‘Pagerank’ mesin pencari. Dari algoritma tersebutlah mulai tercipta metode SEO yang lebih kompetitif, sehat dan memiliki mekanisme yang benar.

CARA KERJA SEO

Bagi seorang yang benar-benar baru mengenal apa itu seo mungkin akan sedikit dibingungkan dengan sistem atau cara kerja seo ini. Untuk dapat memahami sistematis seo maka kita harus mempelajari dulu dasar-dasar seo. Dimulai dari istilah-istilah yang digunakan, alat-alat pendukung hingga metode seo yang dibenarkan.

ISTILAH DALAM SEO

Inilah beberapa istilah dalam SEO yang harus anda kenali dan kalau memungkinkan bahkan harus anda pelajari.

1. Page Rank / SERP

Page Rank atau SERP (Search Engine Ranking Page) adalah bagian dari Algoritma mesin pencari untuk menentukan peringkat sebuah situs web yang dinlai dari tingkat popularitas nya. Diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin dan pertama kali digunakan oleh Google.

2. Keyword

Keyword (kata kunci) adalah sebuah kata atau frasa yang digunakan oleh para pencari. Keyword dibagi dalam 2 jenis yaitu long tail (frasa panjang) dan short tail (frasa pendek). Selain Jenis, Keyword juga dibagi dalam 3 karakter yaitu Transaksional, Informasional dan Termporari. Jika Situs web anda menanamkan topik kata kunci sepatu sekolah maka setiap orang yang mengetik dan mencari sepatu sekolah maka mesin pencari akan menampilkan alamat web anda di bilah hasil pencarian.

3. Meta Deskripsi

Ketika anda mencari sesuatu di google lalu melihat ada penjelasan singkat dibawah setiap judul web yang di hasilkan, itulah yang dinamakan meta deskripsi. Rangkuman dari konten halaman anda dan tentunya berisikan keyword yang relevan dengan apa yang dicari oleh user.

4. Backlink

Backlink adalah sebuah tautan link dari beberapa situs web lain yang merujuk kepada sebuah situs web, halaman atau direktori web. Backlink menjadi variabel penting bagi mesin pencari seperti Google dalam menentukan seberapa penting halaman web tersebut untuk ditempatkan pada peringkat tertinggi mesin pencari. Kuantitas, kualitas hingga tingkat relevansi adalah beberapa faktor yang menjadi variabel utama. Karakter backlink dibuat dalam 2 kategori yaitu do follow dan no follow.

5. Copywriting

Teknik menulis dan membuat sebuah konten yang mengikuti standar atau kaidah SEO, itulah yang dinamakan dengan copywriting. Tidak harus berbentuk teks saja bahkan bisa dalam bentuk gambar atau video. Seorang copywriter harus dapat membuat konten yang menarik dan benar-benar membuat pengunjung merasa memiliki manfaat dalam melihat konten tersebut.

TOOLS DALAM SEO

Banyak tools atau alat bantu dalam menjalankan teknik seo baik yang gratis hingga berbayar. Bagi yang ingin situs web nya tampil pada SERP, maka google mewajibkan situs web tersebut terintegrasi pada tools mereka. Inilah beberapat tools wajib yang harus anda gunakan saat ingin melakukan teknik seo.

1. Google Search Console

dikenal pertama kali dengan sebutan webmaster tools, Google search console ini menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh para webmaster atau penggiat seo. Sebagai portal untuk membuat mesin pencari dapat melihat keberadaan sebuah web dan menampilkan web tersebut dalam mesin pencari.

2. Keyword tools

Dengan fungsi sebagai alat bantu untuk meriset kata kunci yang akan digunakan maka keyword tools sangat penting untuk digunakan. Banyak keyword tools yang beredar di internet, baik yang gratis hingga berbayar. Dalam hal ini saya menyarankan menggunakan Keyword planner dari Google Adsense. Cukup kompetitif, akurat, gratis dan tentunya produk dari Google, sang mesin pencari.

3. Site Audit Tools

Site audit adalah cara untuk mengetahui seberapa ‘sehat’ situs web anda. Mengetahui performa website anda dan bagaimana mesin pencari menilai kualitas sebuah web dari sisi on-page nya. Tools yang paling saya sarankan adalah Google Pagespeed Insights dan GTMetrix.

4. SEO Tools

tools ini biasanya menjadi yang paling lengkap dan paling banyak digunakan. Sesuai namanya, tools ini benar-benar memiliki segudang fitur untuk membantu kelancaran teknik seo yang anda lakukan. Anda dapat meriset kompetitor, melihat jumlah backlink, riset kata kunci hingga skor seo situs web anda. Rata-rata para pakar jasa seo menggunakan tools seperti ubersuggest, ahrefs dan semrush.

MEKANISME CARA KERJA MESIN PENCARI

Mesin pencari membuat skema sistematis tentang bagaimana caranya sebuah website ditemukan dalam daftar mereka melalui kata kunci yang ditargetkan. Mekanisme tersebut adalah Crawling, Indexing dan Ranking.

1. Crawling

Melalui sebuah sistem bernama Spider, Google dapat ‘merangkul’ seluruh situs web yang tentunya sudah terintegrasi dengan webmaster tools mereka. Metode crawling ini adalah sebuah skema dimana Google memasukan sebuah alamat situs web pada daftar pencarian berdasarkan variabel didalamnya, seperti Meta tittle, meta description dan meta keyword.

2. Indexing

Setelah proses crawling, mesin pencari akan memunculkan situs web tersebut pada halaman pencarian mereka berdasarkan kata kunci yang dicari. Inilah yang dinamakan dengan indexing, proses dimana sebuah situs web mendapatkan ‘tempat’ pada daftar alamat situs dalam mesin pencari.

3. Ranking

Crawling sudah, indexing juga sudah, maka proses terakhir adalah ranking. Setelah menyeleksi alamat-alamat situs web berdasarkan kualitas dan kuantitas otoritasnya, mesin pencari akan memutuskan peringkat dari situs web tersebut. Semakin lengkap variabel performa web, kualitas dan kuantitas backlink yang bernilai tinggi, maka semakin tinggi peringkat yang didapatkan oleh situs web tersebut.

MANFAAT SEO

Jika Anda menggunakan metode SEO yang benar maka semakin besar peluang anda berada di halaman pertama mesin pencari. Lalu apa manfaat SEO dan kenapa harus berada di halaman pertama mesin pencari?.

Lebih dari 70% para pencari hanya berhenti mencari di halaman 1 hingga 2 saja. Sangat jarang sekali mencari hingga halaman 3 bahkan 5, 7 dan seterusnya. Karena itulah pentingnya berada di halaman 1 mesin pencari. Manfaatnya? tentu saja dengan berada di peringkat yang tinggi maka nilai kunjungan Anda semakin tinggi. rumus logika nya seperti ini :

Semakin tinggi peringkat web = semakin tinggi potensi trafik

semakin tinggi trafik web = semakin tinggi potensi leads (omset) yang didapatkan

nah, sudah jelas bukan apa itu seo dan manfaat apa yang anda dapatkan. Jadi jika anda ingin mendapatkan omset yang cukup banyak melalui website anda maka segeralah optimasi web anda dengan metode seo yang benar.

Baiklah sahabat ziradha, sekarang anda sudah memahami apa itu seo, dasar-dasar seo, sejarah seo hingga cara kerja seo, bukan?. Semoga artikel sederhana ini cukup memberikan anda wawasan tentang seo. Terima kasih sudah berkunjung di web kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

keyword tag : apa itu seo, sejarah seo, cara kerja seo, 

87 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *