Belajar SEO untuk Pemula

BELAJAR SEO UNTUK PEMULA

belajar seo untuk pemula

Bukan rahasia lagi jika Google belum mengindeks sebuah website, maka sudah dipastikan website tersebut tidak akan ditemukan dalam mesin pencari. Dan untuk membuat Google dapat mengindeks setiap halaman situs kita, dibutuhkan sebuah teknik yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization. Arti dalam bahasa indonesia adalah optimasi mesin pencari. Bagi sebagian orang yang baru mengenal optimasi SEO mungkin akan sedikit mengalami kesulitan. Karena itu, Artikel belajar seo untuk pemula ini sangat layak Anda ikuti.

Lalu, apa itu SEO ?

Singkatnya, SEO adalah upaya dalam membuat website kita dapat dimunculkan di mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dibuat oleh seorang pencari. Saya tidak akan menjelaskan pengertian seo secara detail karena yang terpenting adalah Anda memahami maksud dan tujuan dari optimasi website dengan SEO. Saya akan mengenalkan kepada Anda apa itu SEO berdasarkan Analogi yang saya buat.

Saya berada di sebuah kantor, dan di tempat tersebut Saya berhadapan dengan seorang resepsionis (resepsionis tersebut adalah ‘Google’ !!). Saya bertanya kepada resepsionis tersebut, “siapakah yang paling ganteng disini?”.
Resepsionis tersebut pasti akan mencari data karyawan yang paling ganteng ( ini adalah ‘Kata Kunci’ yang dimaksud ).
Nah, berhubung Anda ini Ganteng (hehe..) dan memiliki penampilan yang menarik maka Resepsionis tersebut akan memasukkan nama Anda pada list databasenya untuk diberikan kepada Saya. ( ingat !! Resepsionis = Google !! ).
Tapi, ternyata di kantor tersebut ada rekan Anda bernama Adi yang Ganteng juga ( Adi = Kompetitor !! ). Dan ternyata rekan Anda memiliki kelebihan dari sekedar ganteng, yaitu pakaiannya lebih rapih dari Anda. Karena itu, Resepsionis akan mencantumkan juga nama Adi tersebut pada daftarnya.

Sampai sini mungkin Anda sudah sedikit memahami bahwa Ganteng saja tidak cukup untuk dapat direkomendasikan sebagai karyawan paling ganteng.

Yuk lanjutin..

Karena Anda mengetahui bahwa ada ‘Kompetitor’ di kantor tersebut, maka Anda akhirnya mengoptimasi diri Anda dengan cara merapihkan pakaian Anda seperti Andi. Ditambah Anda juga menambahkan parfum ke badan Anda agar lebih wangi. Dengan demikian Anda dapat menyamai sekaligus mengungguli level ganteng kompetitor Anda sehingga resepsionis mencantumkan nama Anda pada peringkat daftar lebih tinggi dari nama Adi. ( Cara menambah parfum dan merapihkan pakaian tersebut yang dinamakan SEO !! ).

Tidak berhenti sampai disitu, setelah Anda dapat mengungguli Adi ternyata ada lagi Kompetitor yang levelnya setingkat dengan Anda, namanya Budi. Gantengnya sama, rapihnya sama hingga wanginya pun sama.
Setelah resepsionis membuat daftar nama tentang siapa yang paling ganteng, akhirnya nama Anda yang diberikan kepada Saya, sang pencari. Kenapa bukan Budi? padahal gantengnya sama dengan Anda bukan?..

ternyata rahasianya adalah banyak yang merekomendasikan Anda sebagai orang paling ganteng. Atasan Anda, rekan staf hingga ke office boy. Sedangkan budi yang merekomendasikan lebih sedikit dari Anda. Hasilnya? Andalah pemenangnya ( orang yang merekomendasikan Anda = Backlink !! ).

Sekarang Anda sudah jauh lebih memahami apa itu SEO bukan?. Jadi, SEO adalah bagaimana caranya mengoptimasi website Anda untuk terlihat lebih ‘ideal’ bukan berlebihan dan mendapatkan rekomendasi dari website lain. Karena, jika Anda terlalu berlebihan maka hasilnya pun tidak baik, bahkan cenderung terkena hukuman alias penalty dari Google. Website Anda sama sekali tidak akan dilirik oleh Google.

ingat !! SEO adalah tentang bagaimana Anda membuat situs Anda terlihat ideal bukan berlebihan apalagi kekurangan. Karena SEO bukan berarti mencurangi Google, melainkan mengoptimasi agar disukai oleh Google.

Belajar SEO untuk Pemula : mengenal elemen SEO

Dalam mengoptimasi website Anda dengan SEO ada beberapa elemen yang harus Anda ketahui dan tentunya harus Anda kuasai. Sama halnya seperti analogi diatas, untuk menjadi benar-benar ganteng Anda harus memiliki pakaian yang rapih, gigi yang putih dan bersih, rambut yang tersisir rapih serta badan yang wangi. Inilah elemen-elemen penting dalam SEO yang harus Anda ketahui..

1. Kata Kunci

Kata Kunci atau dalam istilah SEO nya Keyword adalah magic words bagi website Anda. Website Anda dapat ditemukan pada mesin pencari tentunya melalui kata kunci yang digunakan oleh para pencari. Seperti sketsa Analogi yang saya berikan sebelumnya, “karyawan yang paling ganteng di kantor ini” adalah kata kunci yang ditanyakan kepada resepsionis yang dalam hal ini kita sebut sebagai Mesin pencari / Google.

Sebagai Contoh, jika Anda memiliki usaha laundry maka kata kunci yang tepat untuk Anda gunakan bisa seperti “laundry murah dan bersih”, “laundry murah terdekat”, “jasa laundry terbaik di jakarta”, dan lain-lain.
Dalam SEO, kata kunci dibagi dalam dua jenis, yaitu Short tail Keywords dan Long tail Keywords.

Short tail keywords ( Kata kunci pendek ) biasanya hanya satu hingga 2 kata saja. Contohnya “servis elektronik”, “toko karpet”, “jasa seo”, dan lain-lain. Sedangkan Long tail Keywords ( Kata kunci panjang ) memiliki lebih dari 3 kata didalamnya. Seperti “jual baju murah”, “toko sepatu murah terdekat”, “tempat kursus terbaik di bandung”, dan sebagainya.

Selain jenis, kata kunci juga memiliki tiga tipe karakteristik yaitu Transaksional, Informasional dan Temporari.

Kata Kunci Transaksional

Kata kunci Transaksional biasanya digunakan untuk menawarkan sebuah produk, jasa atau layanan. Dengan kata lain, kata kunci ini bersifat komersil. Contoh kata kunci transaksional adalah : “jual motor honda murah”, “Jual Beli Barang bekas berkualitas”, “Promo Handphone Samsung”, “distributor telecrane termurah“.

Kata Kunci Informasional

Kata kunci Informasional banyak digunakan untuk memberikan informasi seputar berita, tutorial, dan konten bersifat informatif lainnya. Contoh dari kata kunci ini adalah : “tips membuat sarapan enak”, “trik mendapatkan pulsa gratis”, “bagaimana cara mengupas durian”.

Kata Kunci Temporari

Kata kunci Temporari biasanya digunakan dalam kondisi, situasi, musim atau waktu tertentu. Kata kunci jenis ini dapat berupa penggabungan antara temporari dengan transaksional ataupun informasional. Biasanya kata kunci temporari berjenis long tail keyword. Contoh kata kunci temporari : “promo baju gamis bulan ramadhan”, “tips membuat hiasan pohon untuk natal”, “jual jaket untuk musim dingin”, “cara mengeringkan baju di musim hujan”

2. Backlink

Masih ingat sketsa analogi diatas tentang Anda jadi pemenang karena banyak yang merekomendasikan Anda sebagai orang paling ganteng?. Nah, pada SEO mereka yang merekomendasikan Anda dinamakan sebagai Backlink. Semakin banyak backlink yang mengarah kepada situs Anda akan menjadikan situs Anda memiliki otoritas tinggi dan terlihat lebih ganteng dari kompetitor Anda.

Backlink yang disukai oleh Google adalah backlink yang natural. Artinya, link halaman website Anda dicantumkan dengan cara yang tidak disiasati. Dengan kata lain mereka yang menaruh link halaman situs anda pada Website, sosial media hingga blog mereka murni karena menyukai konten yang Anda buat. Apalagi jika backlink yang mengarah kepada situs anda berasal dari website atau blog yang memiliki Niche ( topik atau pembahasan utama sebuah website / blog ) yang sama dengan Anda.

3. Copywriting / Konten

Dalam teknik SEO ada istilah Artikel is the king. Artinya konten / artikel yang berkualitas akan menambah teknik SEO Anda jauh lebih powerfull dan maksimal. Perancangan Artikel atau konten tersebut disebut sebagai Copywriting.

Copywriting tidak selalu tentang Artikel, melainkan bisa juga berupa Audio, Video hingga gambar. Copywriting sangat berguna dan bermanfaat ketika Anda buat di Beranda website, landing page, e-mail hingga sosial media. Fungsi utama dari copywriting adalah sebuah elemen untuk mendapatkan trafik pengunjung hingga leads (pengunjung yang tertarik hingga bertransaksi dan memberikan anda profit).

Baiklah, karena minimnya waktu, sesi artikel Belajar SEO untuk pemula PART 1 ini saya akhiri dulu ya. Anda dapat melanjutkan Artikel ini di Belajar SEO PART 2 di link berikut ini —> Cara menjadi Pakar SeoBelajar SEO part 2.

Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga Artikel ini cukup bermanfaat Bagi Anda. Jangan lupa untuk share Artikel ini ya, siapa tahu bisa bermanfaat juga bagi orang lain. Sampai jumpa di Artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *