7 Tema WordPress terbaik

tema wordpress terbaik

Tema WordPress terbaik untuk Blog / Website Anda

Blog atau website menjadi media penting bagi anda yang punya hobi sampingan atau bahkan untuk usaha bisnis. Untuk itu, penting sekali mencari platform dan tema yang tepat untuk memenuhi kebutuhan blog / Website Anda tersebut. Untungnya, WordPress adalah salah satu CMS terbesar yang memiliki banyak tema yang dapat disesuaikan untuk blog / website Anda. Ziradha akan memberikan Anda informasi tema wordpress terbaik untuk blog atau website Anda.

WordPress memiliki lebih dari 100 tema, maka akan sedikit membosankan untuk anda mencari satu persatu. Karena itu saya akan merangkum dan memberikan anda 7 tema wordpress terbaik yang bisa anda atau para jasa pembuatan website gunakan.

Untuk sekedar anda ketahui, 7 tema worpdress terbaik ini saya gabungkan antara yang gratis dan berbayar. Dan Tema wordpress yang saya rangkum sesuai dengan kategori website / Blog Anda.

7 Tema WordPress terbaik

1. Maxwell – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para online content creator

2. Olsen – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para pecinta fashion dan gaya hidup

3. Escutcheon – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para penulis

4. Baskerville 2 – Tema worpdress terbaik untuk website / blog standar

5. Veggie – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para pecinta kuliner

6. Perle – Tema worpdress terbaik untuk website / blog portfolio

7. Hemingway Rewritten – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para pecinta fotografi

Jenis-jenis Tema WordPress

WordPress memiliki tema yang begitu banyak dengan jenis dan kategori yang umum dipakai para pembuat website atau blog. Seperti yang saya sebutkan diatas, berikut ini saya merangkum 7 tema wordpress terbaik berdasarkan kategori yang paling umum digunakan untuk blog / website.

Tema yang saya rangkum adalah tema yang gratis dan berbayar. Keputusan ada di tangan Anda, saya hanya memberikan sedikit tips dan informasi saja.

1. Maxwell – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para online content creator

tema wordpress terbaik

Tema Maxwell ini adalah tema premium alias berbayar dan menjadi tema premium paling mahal di daftar yang saya buat. Sesuai dengan harganya, kualitas dari tema maxwell ini dapat dikatakan sangat tinggi, Bagi anda yang berprofesi sebagai youtuber, artis / publik figur juga musisi, tema modern ini dapat menjadi pilihan utama. Tema ini sangat clean dan jadi yang terbaik bagi para pembuat konten karena memiliki fitur ‘konten unggulan’.

Maxwell adalah tema yang mudah di kustomisasi dengan fitur penyesuaian untuk menambah logo situs web, header hingga background.

Jika Anda seorang Youtuber atau seorang streamer, anda dapat menautkan channel video Anda dan menampilkannya di tema ini. Fitur Konten unggulan dari tema ini memungkinkan untuk menampilkan tiga post konten terbaik dari blok / website anda.

Selain dari fitur-fitur dasar, maxwell juga menyertakan fitur-fitur penting seperti berikut ini :

  • layout yang mobile friendly alias sangat responsif saat web anda di akses melalui gadget mobile apapun
  • Hashtag section untuk visibilitas web
  • Fitur menambahkan lokasi / maps
  • Multiple menu
  • widget sosial media

di versi gratis / trialnya Maxwell memberikan anda 6 palet warna gratis untuk anda pilih. Namun untuk versi premiumnya anda mendapatkan banyak palet warna dan tipografi yang tidak terbatas. Tentunya anda harus membeli tema premium ini melalui themes market atau paket wordpress bisnis.

2. Olsen – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para pecinta fashion

tema wordpress terbaik

Anda seorang pecinta mode dan life style? Jika Ya, maka anda harus menggunakan tema Olsen ini. Dengan tema wordpress ini anda dapat menampilkan konten dengan layout yang terfokus dan memiliki font yang begitu tajam. Olsen adalah tema yang sempurna bagi mereka yang ingin gambarnya menonjol di samping kontennya.

Tema ini dapat anda kustomisasi sepenuhnya dan tempat terbaik untuk memamerkan karya anda. Featured content slider dan Widget footer instagram menjadi dua elemen unik yang ditawarkan oleh tema ini.

Content slider yang dimiliki Olsen sedikit berbeda dari add-on slider pada umumnya. Anda dapat memasukkan gambar atau post pada slider lalu menampilkannya di halaman depan atau beranda blog/website anda. Dengan begitu pembaca dapat menavigasi slider ini dengan klik tombol panah kanan atau kiri.

Elemen paling unik dari tema ini dan tidak dimiliki oleh tema yang berada di daftar ini adalah widget footer instagram. Widget footer yang dimiliki tema Olsen ini dapat menampilkan seluruh postingan instagram terbaru anda dalam satu baris yang besar. Namun sayangnya fitur unik ini tidak bisa anda dapatkan pada versi gratisnya, jadi untuk mendapatkan fitur ini anda harus membeli versi premiumnya.

3. Escutcheon – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para penulis

cara memilih tema wordpress

Sejauh ini, Escutcheon menjadi tema paling sederhana sekaligus tema paling efektif dalam daftar tema yang saya rangkum ini. Terlihat seperti jurnal visual, tema ini cocok untuk anda yang berprofesi sebagai penulis dan ingin terlihat menonjol dari yang lain. Tipografi tebal dan besar, daftar postingan dengan urutan kronologis terbalik, cukup dapat cepat menarik perhatian pembaca blog anda.

Escutcheon adalah tema minimalis yang memilik font dan palet warna yang dapat memudahkan pembaca menavigasi dan membaca blog anda.

Sesuai dengan karakteristiknya, tema ini meninggalkan sisi gambar dan mengedepankan sisi tulisan dalam layoutnya. Walau begitu, Escutcheon sebenarnya mendukung featured image dibawah judul posting lho. Mungkin untuk membuat blog anda sedikit lebih hidup kali ya.

Fitur standar yang dimiliki tema ini hampir sama dengan tema-tema lainnya. Seperti menu dropdown, widget sosial media dan header yang dapat anda kustomisasi. Namun, tema ini juga menawarkan fitur lain seperti :

  • Fitur ‘Bagian terkait’ yang dapat membuat pembaca menemukan tulisan yang serupa dalam blog anda
  • Kotak pencarian
  • Logo untuk situs anda

Tema ini adalah salah satu tema gratis dalam daftar ini dan sangat cocok untuk digunakan oleh para blogger yang suka menulis.

4. Baskerville 2 – Tema worpdress terbaik untuk website / blog standar

cara memilih tema wordpress

WordPress membatasi banyak tema yang mengarah pada kategori tertentu, dan itu cukup menyulitkan mereka yang ingin membuat blog standar. Namun tema Baskerville 2 ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat blog dengan konten gambar, video atau tulisan.

Tema ini cukup sederhana dan mudah untuk digunakan serta di kustomisasi. Fleksibilitas yang dimiliki tema ini memungkinkan anda menggunakan blog ini secara maksimal. Anda yang tidak memahami pembuatan website sekalipun saya rasa sangat mungkin untuk mengkustomisasi tema ini.

Baskerville 2 menawarkan banyak fitur seperti :

  • custom background
  • warna custom
  • fleksibel header yang dapat dikustomisasi
  • template dengan wireframe layout yang full-width
  • Support RTL
  • Logo website
  • Biografi penulis
  • Kolom komentar

Dengan fitur yang cukup banyak, tema ini gratis dan cocok digunakan untuk blog standar.

5. Veggie – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para pecinta kuliner

jasa pembuatan website

Veggie menjadi tema yang sempurna bagi anda para pecinta makanan atau blogger kuliner. Tema ini cocok untuk menulis resep makanan, review jajanan hingga menampilkan suguhan yang lezat.

Dengan paket tipografi yang mudah dibaca dan diimbangi dengan desain minimalis menjadikan tema ini sangat layak untuk anda perhitungkan.

Veggie memiliki layout halaman yang sangat responsif, mudah dikustomisasi dan sangat mudah dibaca serta dinavigasi oleh perangkat apapun. Tema ini memiliki banyak opsi unik yang mampu memberikan kesuksesan blogging anda.

Hadir dengan 6 layout yang berbeda dan lima template yang beragam, Veggie juga menawarkan opsi untuk menambahkan sidebar, grid, list atau layar penuh. Dengan fitur dan opsi yang dimiliki, tema veggie ini juga dapat menjadi website resto yang powerfull. Banyak Konsultan jasa pembuatan website menggunakan tema ini untuk memberikan kepuasan bagi kliennya.

Veggie hadir dengan versi gratis dan premium. Namun bagi saya, untuk sekedar blogging saja yang versi gratis sudah cukup mumpuni lho.

6. Perle – Tema worpdress terbaik untuk website / blog portfolio

cara memilih tema wordpress

Seperti namanya, Perle adalah tema yang elegan. Jika Anda ingin memulai blog yang menampilkan proyek portofolio Anda, Perle adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Mirip dengan Escutcheon dan Maxwell, tema ini memiliki tampilan sederhana dan menawarkan layout berbeda yang super bersih.

Perle menjaga portofolio Anda tetap terlihat dengan fitur konten unggulan. Anda dapat menyorot hingga empat bagian portofolio, halaman, atau post di halaman depan anda dengan add-on ini.

Di antara fitur-fitur seperti biografi penulis, logo situs, menu sosial media, dan gambar unggulan, Perle menawarkan beberapa elemen unik seperti :

  • Gambar yang dapat anda tempatkan di tengah teks anda
  • Fitur Drop Capslock yang memungkinkan anda memperbesar huruf pertama kalimat Anda. Membuat teks anda terlihat sangat ‘stylish’
  • Animasi halus untuk membuat efek fade lembut pada gambar anda saat halaman di ‘scroll’

Sayangnya, tema ini tidak gratis alias premium. Tapi anda bisa mendapatkan tema premium ini secara gratis jika anda membeli paket wordpress bisnis.

7. Hemingway Rewritten – Tema worpdress terbaik untuk website / blog para pecinta fotografi

cara memilih tema wordpress yang tepat

Tema wordpress terbaik yang terakhir saya suguhkan adalah Hemingway Rewritten, Tema sempurna untuk anda para pecinta fotografi.

Hemingway Rewritten adalah tema yang dibuat untuk fotografer. Sesaat setelah memasuki blog Anda, pengunjung website / blog akan disapa oleh desain yang elegan dan visual. Lengkap dengan fitur gambar header unggulan anda.

Gambar header unggulan sangat cocok untuk setiap fotografer yang ingin membagikan karya mereka. WordPress menyarankan untuk menggunakan gambar latar dekoratif sebagai header yang paling sesuai, karena gambar tersebut dapat sedikit berbeda tergantung pada penggunaan desktop, seluler, atau tablet.

Di samping gambar unggulan, Hemingway Rewritten mendukung berbagai format posting seperti image dan quotes. Anda dapat menambahkan gambar ke blog Anda dengan keterangan kecil di bawahnya.

Mirip dengan Baskerville 2, tema Hemingway Rewritten memiliki fitur seperti berikut :

  • Kustomisasi Header
  • Kustomisasi background
  • Menyesuaikan Menu
  • Membuat sticky post
  • Menambahkan widget

Yang paling unik dari tema ini adalah memiliki header yang parallax-scrolling. Efek fade saat pengunjung scrolling halaman anda menambah poin ekstra bagi saya saat mencoba tema ini.

Hemingway Rewritten memberi Anda banyak ruang untuk berkreasi karena tema yang berfokus pada fotografi. Header unggulan yang dapat disesuaikan adalah salah satu aspek terpenting, karena ini adalah hal pertama yang akan dilihat orang setelah mereka memasuki blog Anda.

Sebagai informasi menyenangkan, Tema ini gratis untuk pengguna WordPress, tanpa batasan kustomisasi atau posting.

Bagaimana Cara memilih tema wordpress terbaik untuk kita gunakan

Nah, sekarang anda sudah mengetahui 7 tema wordpress terbaik yang sudah saya rangkum diatas. Saatnya anda mengetahui cara memilih tema terbaik untuk wordpress anda melalui pertimbangan yang akan saya berikan. Ini adalah hal paling penting untuk anda ketahui dalam menentukan tema yang akan anda gunakan.

Ketahui dan tentukan Niche (tema utama) website / Blog Anda

Saat memilih tema yang sempurna untuk website / blog Anda, tentunya anda harus mengenali dan menentukan niche yang ingin anda tonjolkan pada web / blog anda. Diatas, kita sudah mengetahui 7 tema wordpress terbaik, dan anda bisa melihat bahwa seluruh tema memiliki karakter niche yang berbeda.

Sama halnya seperti anda yang akan berangkat ke sebuah resepsi pernikahan. Saya yakin anda tidak akan menggunakan pakaian berenang saat mendatangi acara tersebut bukan?. Begitu juga sebaliknya ketika anda berenang saya yakin anda tidak menggunakan pakaian jas atau batik, lengkap dengan sepatu dan celana panjang.

Begitupun dalam memilih tema, anda tidak akan memasang Veggie jika anda seorang pecinta fashion yang menjadikan mode sebagai fokus. Karena itu penting untuk anda mengetahui dan menentukan niche website / blog anda. Karena niche berbeda memerlukan tema berbeda dengan fitur, tata letak, dan desain yang berbeda.

Fitur Kustomisasi Adalah Kunci Utama

Memiliki tema yang dapat dikustomisasi sangat penting untuk website / blog yang mudah dinavigasi.

Menurut saya tidak masalah jika anda sedikit berinvestasi tema premium untuk web / blog anda. karena banyak tema gratis yang membatasi penyesuaian, baik untuk header, warna, atau layout. Walaupun dalam daftar ini ada tema yang gratis tidak ada salahnya anda melihat seluk-beluk dari tema lainnya.

Fitur tema

Setiap tema yang tercantum dalam daftar ini memiliki beberapa fitur luar biasa untuk niche tertentu. Namun, beberapa tema memiliki elemen yang lebih unik daripada yang lain. Dan menurut saya sangat penting untuk mempertimbangkan apakah anda membutuhkannya atau tidak.

Tema berbayar lebih cenderung memiliki elemen yang lebih unik, seperti Olsen dengan widget footer Instagram, dan Perle dengan animasi yang halus.

Jika Anda tahu Anda tidak memerlukan footer Instagram atau animasi halus, maka saya sarankan untuk menggunakan yang gratis dan simpan uang anda untuk investasi yang lain. Itulah cara memilih tema wordpress terbaik.

Beberapa fitur dasar yang penting untuk kebanyakan blog / web meliputi:

  • Warna custom
  • Logo situs
  • Fleksibilitas
  • Classic menu
  • Widget

Jadi, pastikan anda mencari ini saat memasang tema apa pun.

Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara memilih tema wordpress terbaik yang paling sempurna untuk anda pasang pada website / blog Anda.

Kesimpulan

Baskerville 2, Hemingway Rewritten, dan Maxwell adalah tiga rekomendasi tema WordPress terbaik untuk sebuah blog / website.

Dua dari ketiganya gratis, sehingga sangat terjangkau. Namun, Maxwell sepadan dengan biayanya jika Anda ingin berinvestasi dalam desain yang lebih canggih dengan fitur yang sesuai untuk blog / website profesional. Ketiganya mudah digunakan, non-teknis, dan rapi.

Dengan demikian, kebutuhan niche dan blog Anda akan menentukan tema yang sempurna untuk Anda. Namun, jika Anda mengikuti pertimbangan kami dengan seksama, itu akan membuat anda dapat menemukan tema jauh lebih mudah.

Ok, Demikian 7 tema wordpress terbaik yang bisa saya rangkum untuk anda semoga dapat menjadi acuan bagi Anda para blogger atau para jasa pembuatan website wordpress dalam memilih tema yang tepat.

sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah berkunjung di website ziradha.

tags : tema wordpress, tema wordpress terbaik, cara memilih tema wordpress, cara memilih tema wordpress yang tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *